Selasa, 28 Mei 2013

Mengatasi Rambut Rontok



Mempunyai dan memiliki rambut yang indah, sehat menawan merupakan impian dan menjadi kebanggan tersendiri bagi siapa saja yang memilikiinya. Umumnya wanita sangat disiplin sekali dan rajin untuk melakukan perawatan untuk rambut minimal 1 bulan skalli dengan cara di hair spa, massage kepala, pemberian vitamin dan perawatan rambut lainnya. Sebenarnya dalam merawat rambut susah-susah gampang ditambah apabila memiliki rambut yang cenderung mudah rontok, melakukan perawatan alami lebih mudah dan tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Dengan menggunakan serangkaian bahan alami dapat merawat rambut dan mencegah kerontokan rambut yang berlebihan.

Cobalah dengan beberapa tips sederhana cara untuk mengatasi rambut rontok dengan membuat masker rambut rontok dari bahan alami yang sangat mudah dibuat dengan tangan sendiri.

Berikut ini cara unik dan sederhana untuk mengatasi rambut rontok, diantaranya adalah :

1. Mediterranean Hair Mask

- Sediakan 1 sendok teh olive oil. Kemudian oleskan olive oil secara merata keseluruh bagian rambut dan kulit kepala dengan gerakan memijat lembut selama 2-3 menit.

- Kemudian keramas seperti biasa hingga tak ada minyak yang tersisa dirambut maupun kulit kepala.

- Bungkus rambut yang baru dikeramas dengan handuk kering selama 30 menit, setelah itu keramas lagi.

2. Fruit Hair Mask

Membuat masker rambut yang dibuat dari beberapa jenis buah-buahan, seperti :

- Sediakan 1/2 buah pisang, 1/2 buah alpukat, sedikit potongan buah semangka atau melon.

- Kemudian haluskan seluruh bahan tersebut, kemudian tambahkan 1 sendok makan yogurt murni tanpa rasa.

- Oleskan campuran bahan tersebut keseluruh bagian rambut dan diamkan sampai 10 menit sebelum dibilas bersih.

- Setelah 10 menit berlalu kemudian rambut dibilas dengan bersih dengan menggunakan shampoo yang biasa digunakan.

Guna dari buah alpukat dan yogurt sebagai pelembab dan pelembut rambut yang alami, sedangkan semangka dan pisang untuk membuat tampilan rambut semakin berkilau dan tampak sehat alami. Macam buah-buahan diatas yang diolah sebagai masker dapat digunakan untuk menambah ketebalan rambut dan melindungi rambut dari bahaya kerusakan rambut karena didukung oleh kandungan yang baik bagi rambut yakni asam sitrat dan antioksidan yang sangat baik yang terkandung dalam setiap jenis buah tersebut.

3. Scalp Massage

- Siapakan 1 handuk kecil yang bersih, kemudian rendam dalam air hangat yang sudah diberi potongan mentimun dan lemon selama beberapa menit kira-kira 3-5 menit.

- Setelah itu peras handuk dan bungkus rambut yang masih dalam keadaan kering, biarkan sejenak hingga meresap ke dalam kulit kepala dari cairan yang masih tersisa dari perasan handuk tersebut.

- Kemudian bebaskan diri dan rileks dengan menarik dan melepaskan napas perlahan hingga 10 menit. Setelah itu angat handuk secara perlahan.

- Setelah itu olesi rambut dengan beberapa tetes tea tree oil dengan jojoba oil ditelapak tangan kemudian usapkan ke rambut sambil dilakukan pijatan kecil hingga beberapa menit yang dirasa cukup.

- Terakhir bilas lah rambut dengan bersih tanpa tersisa minyak dikulit kepala maupun di rambut.

4. Hair Salad

- Ambil 1 sendok makan cuka rasa apel. Campurkan ke dalam 1 liter air bersih, aduk hingga merata kemudian gunakan untuk membersihkan rambut ketika hendak mandi. Sari cuka apel dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di kulit kepala. Atau dengan cara lainnya:

- Sediakan gelas berukuran sedang yang sudah diisi dengan 2 sendok makan jus lemon segara dengan 2 sendok makan cuka apel dan 1 sendok makan mayonaise. Aduk hingga rata semua bahan saat rambut dalam keadaan kering belum keramas.

- Biarkan hingga 20 menit, kemudian bilas dengan bersih rambut dengan menggunakan air hangat.

5. Deep Cleansing Shampoo

- Sediakan 1 kantung teh hijau yang dicampur dengan 1 sendok makan olive oil, ditambah sedikit jus lemon dan setengah jus jeruk. Haluskan kesemua bahan dengan diblender.

- Setelah selesai balurkan campuran bahan tersebut pada rambut sambil dipijat lembut dan biarkan meresap hingga 15 menit.

- Kemudian keramas dan bilas dengan bersih, setelah keramas dan bersih. Gunakan conditioner atau pelembab rambut hingga rata ke seluruh bagian rambut.

6. Hair Reviver

- Haluskan dengan di blender potongan mangga yang ditambah dengan 1 sendok makan yogurt tanpa rasa dan 2 butir kuning telur, blender hingga rata dan kental.

- Kemudian oleskan pada seluruh bagian rambut hingga rata dan meresap ke dalam bagian dalam kulit kepala.

- Kemudian bungkus kepala dengan hair shower (pembungkus rambut) selama 20 menit

- Setelah itu keramas seperti biasa hingga bersih.
Posted in Nutrisi Rambut Rontok              | Tagged bahan alami untuk rambut rontok, cara alami mengatasi rambut rontok, cara alami mengurangi rambut rontok, cara mengurangi rambut rontok, cara mengurangi rambut rontok secara alami, cara menyuburkan rambut rontok, cara tradisional mengatasi rambut rontok, Fruit Hair Mask, Hair Salad, hair spa, masker rambut rontok, masker untuk rambut rontok, massage kepala, Mediterranean Hair Mask, mengatasi rambut rontok dan kering, mengatasi rambut rontok dari akar, mengurangi rambut rontok, rambut rontok solusi, ramuan alami untuk rambut rontok, ramuan untuk rambut rontok, sampo untuk rambut rontok, Scalp Massage, shampo buat rambut rontok, shampo untuk rambut rontok, shampo yang bagus untuk rambut rontok, shampoo yang bagus untuk rambut rontok, suplemen untuk rambut rontok     | Leave a comment
Nutrisi Rambut Rontok
Posted by Mengatasi Rambut Rontok    

Rambut juga memerlukan dan membutuhkan nutrisi agar rambut tumbuh menjadi rambut yang indah, sehat, berkilau, tebal dan lebat pastinya terhindar atau setidaknya mengurangi resiko dari kerontokan rambut dan masalah rambut lainnya. Tubuh dan rambut merupakan anggota tubuh yang sama-sama memerlukan nutrisi dan keseimbangan gizi yang mudah sekali didapat dari berbagai jenis makanan yang sehat dengan kandungan nilai gizi yang seimbang.

Berikut ini ada beberaapa macam jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai nutrisi penting untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bebas dari masalah kerontokan rambut :

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 yang mudah didapat dari jenis ikan-ikanan seperti ikan makarel, ikan sarden, ikan salmon, ikan tuna selain itu juga terdapat pada kacang kedelai. semua jenis ikan-ikanan dan kacang kedelai ini diperkaya dengan kandungan lemak essensial atau yang lebih dikenal dengan Omega 3 atau lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menjaga kualitas rambut dan kulit kepala tetap sehat, selain itu baik pula bagi kesehatan tubuh lainnya.

2. Mengkonsumsi telur

Telur merupakan sumber protein yang hakiki selain memproduksi protein telur juga mengandung vitamin B12 dan Biotin yang kesemuanya terkandung didalam telur yang baik bagi rambut. Asam amino yang juga menghasilkan protein untuk pertumbuhan rambut. Kini banyak produsen yang memproduksi shampoo perawatan rambut rontok yang menggunakan telur sebagai salah satu bahan campuran dalam pembuatan shampoo yang dijual dengan berbagai macam nama merk.

3. Daging Sapi, tiram dan kacang – kacangan

Dagifng sapi, tiram dan kacang-kacangan merupakan sumber asupan gizi yang mengandung Zinc atau Zat besi yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Apabila tubuh kekurangan zinc atau zat besi akan membuat rambut rontok semakin banyak dan parah. Namun apabila tubuh cukup mendapatkan zinc atau zat besi akan mencegah kerontokan rambut dan rambut putih (uban) dalam usia dini. Tiram merupakan sumber zinc yang paling besar diantara daging sapi dan kacang-kacangan.

4. Kacang mete, kacang, susu dan biji-bijian

Jenis kacang-kacangan dan susu mengandung tembaga yang sangat baik untuk menghentikan produksi rambut rontok secara berlebihan. Kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan mete diperkaya dengan kandungan protein dan zinc. Selain baik untuk menghentikan rambut rontok dapat pula digunakan sebagai penghilang dari ketombe yang berlebih yang juga merupakan penyebab dari rambut rontok.

5. Sayuran hijau

Sayuran apapun memang memiliki nilai keseimbangan gizi yang cukup baik terutama jenis sayuran hijau yang mengandung zat besi, vitamin A dan vitamin C yang didapat dari jenis sayuran seperti bayam, brokoli, kol dan lobak swiss. Vitamin A dan vitamin C sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sebum. Sebum yakni zat berminyak yang disekresikan oleh folikel rambut. Sebum berfungsi sebagai pelembab rambut yang alami untuk mengurangi rambut yang bercabang.
Posted in Nutrisi Rambut Rontok              | Tagged bagaimana mengatasi rambut rontok, cara cepat mengatasi rambut rontok, cara mengatasi rambut rontok parah, cara supaya rambut tidak rontok, cara untuk mengatasi rambut rontok, kerontokan rambut, menangani rambut rontok, mengatasi ketombe dan rambut rontok, mengatasi rambut rontok dan ketombe, mengatasi rambut rontok parah, mengatasi rambut rontok secara alami, nutrisi rambut rontok, penghilang dari ketombe, Rambut Rontok, rambut rontok berlebihan, rambut rontok parah, solusi mengatasi rambut rontok, solusi rambut rontok, tips merawat rambut rontok, tips untuk rambut rontok | Leave a comment
Cara Atasi Rambut Rontok
Posted by Mengatasi Rambut Rontok    

Pastinya takkan ada wanita atau siapa pun yang ingin melihat rambutnya rontok ketika disisir. Bila masalah kerontokan rambut tak segera diatasi maka akan menimbulkan masalah kerontokan rambut yang mengakibatkan rambut akan terlihat botak. Penyebab dari rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti kulit kepala yang kekurangan nutrisi, ketidak seimbangkan hormon, faktor genetik atau keturunan, alergi terhadap pewarna rambut atau perawatan rambut yang mengandung bahan kimia, faktor psikologis, fase penyembuhan dari suatu jenis penyakit yang cukup kronis dll.

Berikut ini ada beberapa cara atasi rambut rontok diantaranya adalah :

1. Jangan terlalu sering dan jarang keramas

Terlalu jarang dan sering berkeramas hanya akan membuat rambut mudah rapuh. Jarang berkeramas membuat rambut kekurangan vitamin dan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan dan kesehatan rambut dan sering berkeramas membuat rambut terlihat terlalu lemas, tak hanya itu terkadang membuat kepala terasa pening, dan membuat sel-sel dan folikel rambut di kulit kepala menjadi tidak dapat berkembang baik. Gunakan conditioner setelah keramas, namun disarankan hanya menggunakan conditioner rambut saja tidak pada kulit kepala, karena akan membuat akar rambut menjadi rapuh dan kerontokan rambut semakin banyak. Keramas lah minimal 2 hari sekali.

2. Pijatan lembut di kulit kepala dan relaksasi

Ketika hendak mandi dan berkeramas cobalah sambil memijat kulit kepala dengan lembut, dan buatlah kepala anda seperti di relaksasi selama bebrapa menit kira-kira 5-10 menit saja. Cara ini dilakukan guna untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh sel-sel folikel rambut agar berjalan optimal dan dapat mencegah dari kerontokan rambut. Selain itu dengan pijatan lembut dapat mengurangi stress dan kepala menjadi lebih rileks.

3. Dengan lidah buaya

Ambil daging buah lidah buaya yang berukuran besar dan belah menjadi 2 bagian kemudian ambil daging lidah buaya kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut sampai rata, sambil dipijat lembut agar lendir dari daging lidah buaya meresap hingga ke bagian dalam kulit kepala. Diamkan hingga 15 menit, setelah itu bilas rambut sampai bersih dengan shampoo yang biasa digunakan. Lakukan perawatan dengan lidah buaya 2 kali dalam seminggu.

4. Pemberian nutrisi

Tak hanya tubuh yang memerlukan nutrisi rambut pun demikian sama halnya dengan tubuh. Karena rambut juga merupakan bagian tubuh yang juga memerlukan dan membutuhkan nutrisi dan perawatan lainnya agar selalu tampil sehat, dan indah. Macam-macam nutrisi mudah didapat dari berbagai sumber misalnya dari buah-buahan, ikan, vitamin dari sayuran dan jenis makanan sehat lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar